GOOGLE SEARCH ENGINE
Custom Search

Persaingan adu cepat berebut pasar mobil sedan 2000 cc

Pasar otomotif boleh saja disebut lesu. Toh perang berebut kue low sedan belum usai. Pada triwulan I tahun 2009 penjualan di kelas ini dikuasai Toyota Corolla Altis (43,5%), Honda Civic (38,7%), Mitsubishi Lancer (7,5%), dan Proton Waja (4,5 %), Ford Focus (2,9%), dan Chevrolet Optra (2,1%).

Namun, di kelas 2.000cc saat ini hanya ada empat nama yang pantas mengudara. Dari kelas mobil tumpangan tentu Toyota Altis dan Honda Civic, sementara dari kelas tukang kebut jadi rebutan Mitsubishi Lancer EX GT yang bisa jadi disodok Subaru Impreza.

Pekan lalu bertempat di Restoran Pastis, PT Toyota-Astra Motor meluncurkan generasi ke-10 Corolla yaitu Corolla Altis 2.0 V yang diharapkan dapat memperkuat posisi Toyota di segmen sedan low sedan.

Menurut Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Johnny Darmawan Corolla 2.0 V mengadopsi mesin generasi terkini, 3ZR-FE yang menggunakan teknologi Dual VVT-i yang lebih bersih dan efisien.

Earn $$ with WidgetBucks!

Selain mesin berteknologi Dual VVT-i, Corolla 2.0V juga memiliki fitur paddle shift, melengkapi fitur-fitur modern penunjang kenyamanan dan kenikmatan berkendara lain yang juga ada pada tipe 1.8V yang digantikannya, seperti smart start & entry system, cruise control, steering switch, auto rain sensor, dll.

Toyota juga menyediakan Toyota Genuine Accessories tambahan untuk Corolla 2.0V seperti Navigation Box dan aero kit.

Ada tiga pilihan tipe yaitu 1.8 J & G, serta 2.0 V. Tersedia 6 pilihan warna : Beige Metallic, Silver Metallic, Med Silver Metallic, White Pearl, Black Mica, dan Grayish Blue Metallic.

Dengan peningkatan kapasitas mesin harga produk lebih mahal dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Rentang harga Corolla 2.0 V dipatok antara Rp320,5 juta sampai Rp372,5 juta per unit.

Corolla terbaru ini, menurut Johnny membidik pasar kalangan profesional dengan karier cemerlang yang berpenghasilan Rp25 juta sampai Rp40 juta per bulan serta berusia antara 35 dan 40 tahun.

"Segmen pasar tersebut membutuhkan sedan untuk mengaktualisasikan diri mereka," ujarnya.

Strategi harga

Dibandingkan seterunya, Corolla telat hadir. Akhir tahun lalu PT Honda Prospect Motor sudah mengedarkan New Honda Civic dengan desain lebih sporty dan stylish.

Meski telat, Toyota harus diakui jeli soal memajang harga. Bandingkan saja. Civic 2000cc tipe transmisi otomatis dijual Rp398 juta. Artinya soal gengsi, Civic sudah lebih pantas menempati kasta lebih tinggi di atas Corolla. Namun, soal harga Corolla lebih bersaing.

Dari sisi harga Corolla memang bersinggungan dengan pasar yang dihuni Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT, kendaraan kencang ini ditawarkan di angka Rp320 juta untuk pasar yang lebih fanatik.

Lancer adalah sedan berpengerak roda empat (4WD) dan performa kecepatan tinggi berkat mesin 2.000 cc DOHC 16 Valve MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control) dengan intercooler-turbocharger.

Tenaga yang dihasilkan 291 hp pada 6.500 rpm dan torsi 366 Nm pada 3500 rpm. Soal tenaga Civic tentu di bawah Lancer yang memang hiu jalanan.

Musuh bebuyutan Lancer hanyalah hatchback Subaru Impreza 2.0 R dengan mesin 2.0 liter DOHC, Impreza S-GT 2.0 AT dan Impreza 2.0R AT 2WD. Soal harga Subaru melempar ke pasar dengan harga yang cukup terjangkau.

Impreza 2.0R AT 2WD ditawarkan dengan harga Rp305 juta, Impreza 2.0R MT AWD Rp320 juta sedangkan Impreza 2.0 SGT dijual dengan harga dua kali lipat dari jenis standar, yaitu Rp425 juta.

Jadi, pasar mana yang sedang diancam Corolla? Ada satu yang pantas disebut meski masih marjinal yaitu Ford Focus. Sedan ini lebih dulu beredar di Tanah Air sejak 4 tahun lalu lewat varian Focus 2.0 Ghia.

Awal April lalu PT. Ford Motor Indonesia (FMI) resmi meluncurkan New Ford Focus ke publik otomotif nasional. Tidak hanya menawarkan perubahan tampilan yang lebih dinamis, tersedia pula varian dieselnya.

Untuk versi bensinnya tersedia mesin 2.000cc DOHC 16-Valve Duratec sementara untuk versi diesel hadir mesin 2.000cc DOHC TDCi turbodiesel yang diklaim mampu mencapai 100 km/jam dari titik diam dalam 9,6 detik serta mampu menempuh 17,2 km per liternya.

Harga New Ford Focus 2.000cc bervariasi pada rentang harga Rp299 juta hingga 337 juta. Jadi jika melihat soal harga yang ditawarkan alias kedalaman kantong, Corolla menjadi sedan menengah yang paling berpeluang lebih dilirik calon pembeli. (algooth.putranto@bisnis.co.id)http://bukalowongankerja.blogspot.com

Lowongan Kerja Terbaru 2009...
HELP YOU TO CHOICES YOUR DREAMS, WANTS AND NEEDS


Order Champix Online

0 komentar:

Post a Comment

 

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

RECENT COMMENT